3 Tips Memilih Wajan Anti lengket

3 Tips Memilih Wajan Anti lengket

Apakah Anda sedang menjalani diet minyak agar lebih sehat? Penggunaan teflon anti lengket menjadi solusi tepat. Alat masak ini juga memiliki banyak kelebihan sehingga banyak diminati.

Tips Memilih Teflon Anti Lengket

Jangan memilih sembarangan teflon anti lengket, perhatikan beberapa hal sebelum membelinya.

Lapisan

Pertimbangkan lapisan anti lengket, sebaiknya memilih lapisan PTFE yang umum digunakan. Bahan ini akan tahan lebih lama daripada keramik. 

Bahan

Wajan anti lengket yang terbuat dari stainless steel mampu memberikan pemanasan yang merata. Sementara itu, jika Anda memilih memakai bahan alumunium tidak bisa mendistribusikan panas secara merata.

Sesuaikan dengan Jenis Kompor

Jika Anda menggunakan kompor tanam, pilihlah wajan anti lengket yang terbuat dari stainless steel.

Cara Membersihkan Wajan Anti Lengket

Wajan anti lengket menjadi alat masak yang memudahkan proses memasak. Sisa bahan makanan pun tidak mudah menempel. Namun, dibalik kemudahan penggunaan, Anda harus memahami bagaimana mencuci dan merawatnya. 

Jika sembarangan memberishkannya, dikhawatirkan lapisan anti lengket terkelupas dan rusak. Oleh karena itu, simak langkah-langkah mencuci wajan anti lengket berikut ini:

Tunggu Hingga Wajan Mencapai Suhu Ruangan

Setelah selesai memasak, Anda dilarang untuk langsung mencuci wajan anti lengket yang masih panas. Tunggulah sampai wajan anti lengket mencapai suhu ruangan. Hindari langsung merendam atau membilasnya dengan air dingin.

Cara ini justru akan membuat wajah melengkung. Selain itu, permukaan anti lengket akan rusak.

Hindari Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Sebaiknya menghindari penggunaan mesin pencuci piring untuk mencuci wajah anti lengket, walaupun alat ini memudahkan. Jenis wajan ini memiliki material berbeda dari alat memasak lainnya.

Lebih baik luangkan waktu untuk mencuci wajan anti lengket memakai tangan. 

Bersihkan dengan Air Sabun Hangat

Setelah wajan mencapai suhu ruangan, Anda bisa mencucinya dengan air sabun hangat. Kemudian, bilaslah dengan perlahan untuk menghilangkan sisa makanan di permukaan wajan.

Pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas karena akan merusak anti lengket. 

Gosok dengan Spons dan Sabun Cuci

Anda perlu menggosok wajan anti lengket dengan spons dan sabun cuci piring, sehingga kotoran terangkat. Namun, pastikan dulu spons yang Anda gunakan permukaannya lembut. Hindari penggunaan bahan dari wol baja atau sabut gosok.

Kedua bahan tersebut berpotensi menggores permukaan wajan. Jika sudah selesai, Anda bisa menggunakan air bersih secara menyeluruh pada wajan anti lengket.

Gunakan Baking Soda

Ketika menemui noda yang membandel, Anda bisa menggunakan baking soda. Bahan kimia ini bisa membantu menghilangkan noda membandel. 

Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan noda membandel pada wajan anti lengket cukup mudah. Ketika campurannya sudah tepat, maka akan menghasilkan tekstur yang kental. 

Anda bisa mengoleskan campuran tersebut pada noda yang membandel. Kemudian, biarkan beberapa saat, lalu bilaslah menggunakan air bersih.

Keringkan Wajan

Wajan anti lengket yang sudah Anda bersihkan perlu dikeringkan sebelum menyimpannya di dalam lemari dapur. Sebaiknya menggunakan lap microfiber yang bersih untuk mengeringkan seluruh permukaan wajan.

Pastikan menyimpan di rak piring dan tidak menumpuknya dengan peralatan masak lainnya. Letakkan kertas di atas permukaan wajan anti lengket Anda agar tidak tergores jika terpaksa harus menumpuknya.

Anda bisa menemukan peralatan masak dengan kualitas bagus melalui ceklist.id. Cek harga dan apa saja yang Anda perlukan sebelum membeli.

Teflon Anti lengket memiliki banyak kelebihan yang menjadikan kegiatan memasak lebih mudah dan praktis. Namun, ketahui bagaimana merawatnya agar tetap awet. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.