5 Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Bikin Ketagihan, Wajib Dicoba

Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur. Walau tidak mempunyai kekayaan rekreasi alam seperti Kota Batu atau Bandung, Surabaya mempunyai kekayaan kulineran yang berlimpah ruah. Kulineran Surabaya mempunyai harga yang cukup terjangkau. Makanan khas Surabaya dapat kamu cicipi pada siang hari atau malam hari. Beragam makanan khas dengan bumbu yang unik dapat jadi opsi kamu saat berekreasi kulineran di kota paling besar ke-2 di Indonesia ini.

Berikut di lansir dari halaman ladiestory.id saya kumpulkan rekomendasi 5 makanan khas Surabaya yang terpopuler dan terkenal nikmat makanannya. Simak ya!

1. Sego Sambel

Makanan ini terbagi dalam nasi, sambal, dan lauk pauk sebagai pendamping. Lauk sego sambel cukup bermacam-macam, seperti ikan lele, ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Sambal dalam masakan ini cukup pedas dan banyak. Adapun kombinasi sambal dibikin dari bawang putih, bawang merah, cabe, tomat, garam, dan terasi.

2. Lontong Balap

Dikatakan Lontong Balap karena penjual dulu memikul barang dagangannya. Dulu, penjual lontong berjalan cepat seperti sedang balapan lari, hingga lahirlah nama lontong balap. Komposisinya terbagi dalam lontong, tahu goreng, lentho, tauge, bawang goreng, krupuk, sambal, dan kecap. Rasa renyah dan nikmat menyatu jadi satu di atas sepiring lontong balap.

3. Rujak Cingur

Makanan ini menjadi satu diantara menu khas Jsurabaya yang telah populer seantero negeri. Rujak cingur terbagi dalam potongan cingur atau hidung sapi yang telah lewat proses perebusan lama hingga empuk dan kenyal.

Selanjutnya, cingur itu akan digabung dengan sayur rebus dan potongan lontong. Rujak cingur umum dihidangkan dengan kombinasi bumbu kacang dan petis khas surabaya yang makin mengunggah selera.

4. Nasi Pecel dan Rawon

Makanan ciri khas Surabaya lainnya adalah gabungan dari nasi pecel yang digabung rawon. Nasi Pecel Rawon ini terbagi dalam nasi, pecel, dan ditambah kuah rawon. Ada pula sambal kacang dan sayur sebagai kombinasi masakan ini.

5. Lontong Kikil

Kikil ialah kulit sapi yang sudah dibakar dan mempunyai struktur kenyal. Makanan khas Surabaya ini memiliki bahan dasar lontong, kikil, dan tulang sapi atau balungan. Kuah lontong kikil dibuat dari bumbu rempah-rempah pilihan. Saat sebelum dikonsumsi, kamu dapat menambah perasan jeruk nipis supaya rasanya lebih segar.

Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang paling recommended dicoba karena rasanya yang sedap dan tradisional!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *