5 Tanda Tanda Akan Melahirkan yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

Masih ada banyak ibu hamil yang belum mengetahui tanda-tanda kapan waktu melahirkan semakin dekat. Faktanya, memprediksi waktu melahirkan memang tidak mudah, pasalnya setiap ibu hamil mempunyai pengalaman yang berbeda-beda. Meski demikian, ada beberapa tanda tanda akan melahirkan yang bisa diwaspadai oleh ibu hamil. Adapun tandanya sebagai berikut:

1. Bayi “Turun”

Salah satu tanda persalinan yang biasanya muncul pada kehamilan pertama, yaitu ibu hamil yang mulai merasakan bayi turun ke panggul. Tanda ini biasanya muncul sekitar dua hingga empat minggu sebelum kelahiran, namun hal itu masih belum pasti juga.

Tanda-tanda waktu melahirkan sudah semakin dekat ini jarang dialami oleh wanita yang telah melahirkan lebih dari satu kali. Bayi yang turun ke perut bagian bawah dapat membantu ibu bernapas lebih lega karena jauh dari paru-paru.

2. Leher Rahim Membesar

Selama persalinan, tanda lain yang perlu Anda ketahui adalah pembesaran area leher rahim. Bagian intim dari seorang wanita ini akan mulai membesar pada hari-hari atau minggu-minggu sebelum persalinan. Dokter dapat mengevaluasi pelebaran yang terjadi melalui pemeriksaan internal untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk persalinan tiba.

3. Kram dan Nyeri Punggung yang Meningkat

Saat menjelang persalinan, ibu mungkin mengalami kram dan nyeri di punggung bawah di selangkangan. Tanda-tanda persalinan ini cenderung terjadi pada wanita yang akan melahirkan untuk pertama kalinya. Hal ini biasanya terjadi karena otot dan juga persendian yang akan meregang dan juga bergeser untuk mempersiapkan proses persalinan.

4. Sendi Terasa Lebih Longgar

Seringkali ibu hamil yang akan melahirkan, bagian persendiannya akan terasa lebih longgar. Hal ini tidak lain karena hormon relaxin akan membuat ligamen lebih mengendur. Bahkan, sebelum melahirkan, beberapa ibu hamil juga akan merasa bagian sendi tubuhnya terasa lebih rileks. Hal ini memang dibutuhkan untuk membuka panggul, supaya bayi lebih mudah dilahirkan.

5. Ketuban Pecah

Air ketuban yang pecah memang menjadi tanda-tanda melahirkan yang paling akhir. Saat hal ini terjadi, ibu hamil harus segera dibawa ke ruang persalinan untuk ditangani oleh tenaga medis yang ahli, supaya bayi bisa dilahirkan dengan normal. Meski demikian, ketuban pecah tidak dialami oleh ibu hamil yang akan melahirkan. Pasalnya hal ini hanya terjadi sekitar 15 persen kelahiran saja.

Nah itu dia lima tanda tanda akan melahirkan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Selain kelima tanda-tanda tersebut, waktu kelahiran buah hati yang semakin dekat juga sering ditandai dengan kontraksi yang lebih sering terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *