6 Jenis Masakan Favorit Keluarga saat Lebaran

Idul Fitri atau lebaran menjadi momen berharga bagi masyarakat Indonesia. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah sajian masakan khas yang sering muncul di momen istimewa ini. Makan-makan bersama keluarga memang menjadi tradisi perayaan lebaran di Indonesia.

Sajian khas Lebaran

Ada banyak jenis sajian lezat yang akan kita temui saat Idul Fitri tiba. Berikut adalah 6 pilihan sajian istimewa di hari kemenangan:

1.     Opor Ayam

Sajian yang satu ini jelas wajib hukumnya bagi sebagian besar keluarga Indonesia saat lebaran. Opor ayam adalah olahan daging ayam yang disajikan bersama kuah santan berbumbu rempah khas Indonesia. Rasanya nikmat, cocok dimakan bersama ketupat maupun nasi putih hangat.

2.     Rendang

Jika tak suka daging ayam maka sajian daging sapi berupa rendang akan jadi pilihan tepat. Salah satu sajian paling lezat di dunia ini juga biasanya dijadikan menu lebaran favorit. Makanan ini terbuat dari santan kelapa, daging sapi, juga campuran bumbu rempah yang kuat.

3.     Ayam Gagape

Nah, masakan yang satu ini jadi idola bagi keluarga asal Makassar! Ayam gagape merupakan olahan daging ayam yang hampir mirip seperti opor. Hanya saja rasa ayam gagape jauh lebih gurih karena disertai parutan kelapa yang disangrai.

4.     Ayam Woku

Masyarakat Manado pasti tak boleh ketinggalan menyediakan ayam woku saat lebaran tiba. Ayam woku merupakan olahan ayam dengan bumbu rujak. Menu ini akan menghadirkan perpaduan rasa gurih serta pedas.

5.     Sambal Goreng

Banyak juga keluarga Indonesia yang tak absen menyajikan sambal goreng di waktu lebaran. Ada banyak jenis olahan sambal goreng yang bisa disajikan sesuai selera. Mulai dari sambal goreng kentang sampai hati ayam. Sesuai dengan namanya, menu ini memiliki rasa pedas dan cocok dipadukan dengan beragam menu lainnya.

6.     Semur

Olahan semur juga bisa jadi pilihan untuk disajikan saat kumpul keluarga di waktu lebaran. Anda bisa mengolah beragam jenis semur seperti semur telur, semur daging, semur tempe, dan lain sebagainya. Semur memiliki rasa manis yang nikmat dan cocok dinikmati dengan nasi putih hangat.

 

Itulah tadi 6 pilihan makanan yang cocok dinikmati saat Idul Fitri. Perayaan hari kemenangan tentu akan semakin sempurna jika Anda berkumpul bersama keluarga. Selain beberapa pilihan sajian ini, jangan lupa untuk tetap menyediakan kue-kue kering khas lebaran.

Sumber:

https://www.merdeka.com/jateng/7-menu-makanan-khas-lebaran-yang-tak-tergantikan-kln.html?page=all

https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/makanan-khas-lebaran-di-indonesia-acc/30377

https://www.tripzilla.id/makanan-khas-lebaran-di-indonesia/9585

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *