Apa itu Humidifier?


Humidifier adalah alat pelembab udara yang dapat melakukan penyemprotan uap air ke udara. Penggunaannya bukan hanya untuk menjaga kelembapan udara dalam suatu ruangan terjaga. Tetapi juga mengurango iritasi penyebab dari udara kering, seperti bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan.

Manfaat menggunakan Humidifier

Terdapat beberapa manfaat dari humidifier yang bisa dinikmati oleh orang yang menggunakannya. Apalagi humidifier memiliki fungsi yang luar biasa, yakni untuk menjaga kelembapan udara. Tentu ada banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Melakukan Pencegahan Terjadinya Sakit Tenggorokan

Salah datu faktor penyebab terjadinya sakit tenggorokan adalah karena kelembapan udara di sekitar Anda sangat minim. Bahkan cenderung kering, maka dari itu lebih mudah terserang hal yang satu ini. Dengan menggunakan humidifier, maka maka dapat membuat udara menjadi lebih lembab.

Jika udara telah normal dan lembab, maka proses penyembuhan sakit tenggorokan juga akan menjadi lebih singkat. Bahkan kondisi ini juga bisa mencegah terjadinya hal yang sama di kemudian hari. Semua itu memang harus diperhatikan dengan benar dan tepat juga.

2. Menjaga Kelembapan Kulit dan Mencegah Bibir Pecah-Pecah

Berikutnya yakni menjaga kelembapan kulit semua orang dan menghindarkannya dari adanya bibir pecah-pecah juga. Apalagi akan menjadi resiko besar jika Anda bekerja di ruangan yang ber-AC. Hal tersebut dapat terjadi karena penggunaan AC bisa membuat udara ruangan kering.

Maka dari itu, bagi orang-orang yang bekerja di ruangan dengan fasilitas AC, akan lebih sering mengalami kulit kering dan juga bibir pecah. Ini semua karena udara di sekeliling Anda cukup kering. Orang-orang di sana akan terus beresiko untuk mengalami hal ini setiap saat.

3. Melakukan Pencegahan dan Mengurangi Resiko Terjadi Iritasi pada Mata

Selanjutnya yakni melakukan pencegahan dan mengurangi resiko adanya iritasi yang menyerang mata Anda. Hal tersebut memang benar-benar harus dihindarkan dan diminimkan resiko terjadinya. Supaya tidak mudah terserang salah satu resiko tersebut.

Udara yang kering memang memiliki banyak dampak untuk semua orang. Untuk sebab itu, harus dilakukan pemasangan humidifier agar udara dalam suatu ruangan menjadi lebih sehat dan normal. Selain itu, orang-orang juga akan merasa lebih nyaman seperti ini.

4. Mampu Mengurangi Flu dan Batuk

Berikutnya yakni mampu mengurangi flu dan batuk. Udara yang kering dapat menimbulkan flu dan batuk yang akan membuat orang menjadi tidak nyaman. Hal tersebut tentu saja bisa membuat Anda semakin merasa tak senang.

Untuk itu, pemasangan humidifier ini agar dapat melembabkan udara dalam suatu ruangan. Dengan begitu, resiko flu dan batuk akan lebih minimal dan dapat mengurangi jenis penyakit-penyakit lain yang berhubungan sistem pernapasan.

5. Mencegah Terjadinya Pendarahan pada Hidung dan juga Radang Tenggorokan

Salah satu hal yang sering terjadi saat seseorang berada di ruangan dengan udara kering adalah mimisan. Hal ini biasanya disebut dengan pendarahan pada area hidung. Termasuk juga terjadinya radang tenggorokan yang bisa membuat Anda tidak nyaman.

Pasalnya pendarahan di hidung ini terjadi karena udara yang biasa Anda hirup adalah udara basah. Kemudian tiba-tiba mengalami perubahan ke udara kering. Hal tersebut memberikan perubahan yang cukup siginifikan, maka dari itu tubuh melakukan respon itu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu humidifier? Banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai humidifier ini. Salah satunya adalah mengenai manfaat menggunakannya di ruangan yang memiliki udara kering dan juga ber-AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post