Bahaya yang Mengintai Jika Mobil Sering Kehabisan Bensin

Merawat kendaraan tidak hanya soal rajin membawa mobil ke bengkel atau memilih jenis oli transmisi yang tepat, namun juga dari sisi bagaimana kebiasaan kita dalam berkendara. Beberapa kebiasaan buruk sering kali menjadi penyebab kendaraan mobil menjadi lebih cepat rusak dan terpaksa sering mengganti sparepart.

Diantara kebiasaan buruk berkendara yang sering kali dilakukan, membiarkan tangki bahan bakar minyak kehabisan bensin merupakan salah satu kebiasaan buruk yang masih dimiliki beberapa pengguna kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda salah satunya, simak ulasan berikut terkait bahaya membiarkan mobil yang Anda kendarai terlalu sering kehabisan bensin.

  • Mobil mudah mogok.

Mobil yang sering mengalami kehabisan bensin atau bahan bakar tentu semakin lama akan semakin menurun performanya. Jika mobil Anda masih menggunakan sistem karburator mungkin bukanlah persoalan besar, karena ketika bahan bakar habis lalu diisi kembali, mobil masih dapat menyala dengan normal. Beda halnya jika kendaraan yang Anda miliki menggunakan sistem injeksi. Hal ini karena, mobil dengan sistem injeksi membutuhkan daya listrik untuk melakukan pembakaran di dalam ruang bakar, sehingga jika tangki mobil dalam kondisi kosong dan mobil dalam keadaan mogok, Anda akan kesulitan untuk mendorong dan menyalakan mobil kembali meski tangki sudah terisi penuh.

  • Komponen kendaraan mengalami overheat.

Selain mobil yang mogok akan sulit dinyalakan kembali, kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar kosong juga tentunya mengancam performa mesin serta mempengaruhi sistem kerja komponen di dalamnya. Mesin kendaraan dengan sistem injeksi menggunakan pompa yang terendam bahan bakar, maka bisa Anda bayangkan, jika tangki kendaraan kosong dan pompa tidak terendam bahan bakar, tentu akan membuat komponen tersebut menjadi cepat overheat. Jika dibiarkan dan terus berulang, bukan tidak mungkin kendaraan Anda secara keseluruhan akan cepat sekali rusak meski sudah rutin diservis.

  • Filter bahan bakar cepat kotor

Kondisi tangki kendaraan yang kosong bisa menyebabkan kotoran yang mengendap di dalam tangki tersedot ke dalam filter bahan bakar. Hal ini tentunya akan membuat filter bahan bakar tersebut menjadi lebih cepat kotor dan hal buruk lainnya adalah kotoran yang masuk akan menyumbat saluran bahan bakar. Tidak hanya menjadi cepat rusak, Anda pun harus menggelontorkan uang lebih banyak untuk melakukan servis dan mengganti komponen mesin di dalamnya.

Merawat kendaraan bermotor memang susah-susah gampang. Apalagi jika Anda termasuk ke dalam kategori pengguna yang tidak terlalu mengerti soal komponen mesin kendaraan. Namun setidaknya, Anda harus mulai memperhatikan cara Anda berkendara, sehingga bisa pelan-pelan menghindari kebiasaan buruk yang berdampak negatif bagi kendaraan. Rajinlah mencari informasi terkait dengan cara efektif merawat mobil kesayangan Anda dan pastikan Anda menggunakan sparepart, oli dan bahan bakar terbaik untuk menunjang performa kendaraan yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *