Cara Transaksi Bitcoin untuk Pemula

Cara transaksi bitcoin adalah salah satu keterampilan  yang harus dikuasai oleh pelaku cryptocurrency.  Tentu saja sebelum bertransaksi, Anda harus memahami dulu penyimpanan  bitcoin, yang disebut dengan dompet bitcoin.

 

Pentingnya Penyimpanan Bitcoin dalam Transaksi Bitcoin

Terdapat  beberapa  macam dompet bitcoin yang berperan dalam transaksi bitcoin.

Hot Walet

Hot wallet adalah jenis  dompet bitcoin yang selalu terhubung  ke    internet. Contohnya adalah  dompet desktop dan dompet seluler.

Cold Wallet

Sebaliknya dengan cold wallet. Jenis dompet ini tidak terhubung dengan jaringan internet.  Cold wallet dibarengi dengan perangkat kera  yang berisi chip khusus untuk menyimpan kunci dengan aman.  Contoh dompet berperangkat kerasa adalah Trezor dan Ledger Nano.

Bursa Kripto

Jika Anda sebagai  pemula tidak  nyaman untuk mengelola dompet koin, maka Anda dapat menitipkannya pada bursa kripto.   Bursa kripto memberikan jaminan keamanan dan kenyaman bagi Anda yang masih belum fasih mengelola bitcoin.

Cara Transaksi Bitcoin

Transaksi Bitcoin

Jika Anda ingin melakukan transaksi bitcoin, maka Anda harus mengetahui alamat  dompet penerima dan kemudian memasukan sejumlah  bitcoin yang diinginkan. Setelah menyetujui transaksi, maka perangkat lunak dompet  akan  menandatangani permintaan transaksi dengan kunci pribadi dan menyiarkan transaksi tersebut ke jaringan  blockchain bitcoin.

Tunggulah sampai   penambang  memprosesnya dengan cara memverifikasi tanda tangan digital Anda.  Setelah  valid, maka  transaksi yang Anda lakukan akan dimasukkan ke dalam  blok.Setelah itu, penambang akan  mengerjakan  bukti kerja sebagai  jaminan bahwa  jaringan Bitcoin aman dan bebas. Setelah selesai, maka transaksi Anda akan dianggap komplit.

Biaya transaksi Bitcoin

 

Terdapat  biaya yang dibebankan pada setiap transaksi  yang dibayarkan langsung  ke penambang. Besarnya  biaya ini bergantung pada  jumlah transaksi dan kapasita ruangan di blockchain. Karena keberadaan   Bitcoin terdesentralisasi,maka  biayanya  berfluktuasi.

Konfirmasi transaksi Bitcoin

Konfirmasi penerimaaan dapat dilakukan setelah enam konfirmasi, karena  konfirmasi bitcoin adalah  jumlah blok yang ditambahkan selanjutnya ke dalam  blockchain.

Anda dapat melihat status transaksi Anda di blockchain explorer dengan memeriksakan ID transaksi.

Semoga artikel ini  menambah pengetahuan Anda tentang cara transaksi Bitcoin terutama bagi  pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *