Content Analysis: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Dunia digital terus berkembang. Bila dulu memiliki tampilan laman menarik sudah cukup untuk menjaga performa akun, maka tidak untuk sekarang. Pasalnya analytics sekarang jauh lebih kompleks dan canggih. Kini content analysis atau konten analitik dinilai penting agar dapat membuat keputusan terbaik tentang konten yang akan dibuat.

Apa Itu?

Konten analitik adalah jejak yang yang ditinggalkan mesin dan orang ketika konten dikirimkan, ditemukan, hingga dikonsumsi. Semua data itulah yang dapat dijadikan aset. Selain data standar Anda juga bisa mendapati pengukuran lain seperti tanggapan konsumen, pertanyaan, dan keputusan konsumen akan suatu konten.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Konten analitik bisa Anda gunakan untuk merancang pengambilan keputusan, diantaranya:

  • Strategi

Dari segi strategi Anda bisa memanfaatkan konten analitik untuk menentukan konten apa yang harus dibuat.

  • Personalisasi

Menggunakan konten analitik Anda juga bisa mencari tahu perlu tidaknya mempersonalisasi konten untuk audiens tertentu.

  • Optimasi

Konten analitik dapat digunakan untuk menentukan pengoptimalan mencakup eksperimen mengganti judul, gambar, hingga tata letak konten untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Keterkaitan Analitik dan Kesuksesan

Akun yang mampu mengembangkan konten lebih baik didapati mampu bekerja jauh lebih baik dibanding akun yang tidak mengembangkan kontennya. Adanya tujuan jelas dan memahami cara mencapainya menjadi kunci.

Matamaya menjadi salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk mengelola performa campaign di sejumlah media sosial. Layanan dari Matamaya.id membantu mendapat insight tentang konsumen dan performa campaign salah satunya bisa melalui content analysis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *