Ini, 5 Cara agar Si Kecil Semangat Makan, Bisa Dicoba!

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi masalah anak malas makan? Kalau iya, tahan diri dan tambah kesabaran Anda, ya. Sebab, masalah ini tak akan selesai kalau Anda malah memaksa anak untuk membuka mulut dan menyuapinya. Justru Anda perlu pendekatan yang lebih halus agar semangat dan nafsu makan si kecil bisa kembali dan bertambah.

Sediakan Camilan Sehat Tinggi Kalori

Ketika anak jadi susah makan, bisa jadi hal ini disebabkan anak jadi lebih memilih camilannya. Nah, agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi setiap hari, Anda bisa akali dengan memberikan camilan yang tak hanya sehat dan bergizi tinggi, tapi juga tinggi kalori. Contohnya kacang-kacangan, buah, keju, dan roti gandum selai kacang. Dengan begitu, kebutuhan kalori si kecil agar bisa beraktivitas dengan normal pun tetap tercukupi juga.

Hindari Membandingkan dengan Anak Lain

Tips yang satu ini sangat penting, terutama jika si kecil sudah cukup besar dan bisa memahami perkataan Anda. Karena jika Anda membanding-bandingkan anak dengan anak lain, dan bahkan memaksa anak agar mau makan dengan cara ini, buah hati Anda malah akan semakin berkecil hati. Hal ini juga bisa membuat anak beranggapan bahwa makan bukanlah pengalaman yang positif, yang dapat bertahan sampai ia tumbuh dewasa nanti.

Ajak Anak Ikut Menyiapkan Makanannya

Anda juga bisa coba mengajak buah hati untuk ikut menyiapkan makanannya bersama Anda. Mulai dari berbelanja, memilih bahan makanan, sampai proses memasak, ajak anak agar lebih terlibat. Hal ini bisa menumbuhkan rasa memiliki di dalam diri anak terhadap makanan yang disajikan di depannya, sehingga ia pun akan lebih bersemangat pula untuk makan. Apalagi jika seluruh prosesnya menjadi sebuah pengalaman positif baginya, sehingga makan jadi lebih menyenangkan.

Tak Perlu Paksa Anak untuk Menghabiskan Makanannya

Ketika Anda melihat anak jadi susah makan dan tidak menghabiskan porsi makannya, Anda barangkali jadi terdorong untuk memaksa anak agar menghabiskannya. Walaupun tujuannya baik, tapi cara ini justru tidak efektif, lho. Dilansir dari Halodoc, memaksa anak menghabiskan makan justru bukan cara terbaik mengatasi masalah susah makan. Anak pasti akan berhenti makan setelah ia merasa kenyang. Yang penting, Anda tahu bahwa kebutuhan nutrisi dan kalori harian tercukupi.

Pantau dan Catat Apa Saja yang Anak Makan

Kunci penting untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi dan kalori harian si kecil terpenuhi adalah dengan memantau serta mencatat apa saja yang ia santap tiap hari. Dengan begitu, Anda bisa menghitung berapa total nutrisi dan kalori yang telah dikonsumsi. Cara ini juga bisa bantu Anda untuk men-track apakah anak baru saja makan besar atau dalam jumlah banyak sebelumnya. Sebab, ketika anak enggan makan, bisa jadi karena ia habis makan banyak sehingga belum merasa lapar.

Itulah 5 cara yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi masalah susah makan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *