Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Infeksi Cacing

Penyakit cacingan bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak lebih rentan terkena infeksi cacing karena aktivitas di luar rumah tanpa menggunakan alas kaki. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa yang sering bekerja di daerah pembangunan atau acap berjemur di pinggir pantai rentan mengalami hal yang sama. Ivermectin 12mg menjadi obat yang cocok mengatasi parasit yang menyerang tubuh Anda.

Cara mencegah penyakit cacingan

Lingkungan yang kotor merupakan penyebab utama penyakit cacingan yang melanda anak-anak dan orang dewasa. Apalagi Anda yang tidak rajin membersihkan lingkungan sekitar, maka risiko terpapar parasit yang sebabkan masalah sistem pencernaan sangat tinggi. Kenali beberapa cara mencegah penyakit cacingan yang bisa menyebabkan masalah malnutrisi pada anak, kelelahan dan nyeri sendi antara lain :

1.     Menjaga kebersihan diri

Jaga kebersihan diri dan sekitar untuk menghindari risiko terkena infeksi cacing atau kutu. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir setiap pulang dari bepergian, sebelum dan sesudah makan untuk menghindari larva cacing hidup dan berkembang di bawah kuku jari. Anak-anak harus diajarkan cara mencuci tangan yang benar untuk melindungi diri dari risiko parasit ini.

2.     Mencuci buah dan sayuran

Selain masalah pestisida yang ada pada buah dan sayuran non organik, Anda juga harus mewaspadai adanya larva cacing yang berada pada makanan tersebut. Alih-alih mendapat manfaat dari vitamin dan mineral tinggi, Anda bisa mengalami infeksi cacing karena konsumsi larva yang masih hidup pada buah dan sayuran terkontaminasi.

3.     Mendapatkan asupan nutrisi tubuh

Nutrisi yang baik menjadi kunci hidup lebih sehat kapan saja, termasuk menghindari tubuh terkena infeksi cacing atau parasit. Jika mengkonsumsi daging, sebaiknya masak daging dengan matang dan imbangi konsumsi daging dengan sayur dan buah-buahan.

4.     Mengkonsumsi air putih yang sehat

Air putih menjadi sumber cairan yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda setiap hari. Masak air sumur hingga mendidih guna membunuh kuman yang ada pada air tersebut. Ada baiknya Anda mengkonsumsi air mineral dibandingkan air demineral yang tidak mengandung nutrisi tinggi. Konsumsi air mineral atau air putih minimal 8 gelas per hari akan mendukung tubuh tetap sehat dan bugar.

Sistem imunitas yang meningkat bisa mencegah tubuh terhindar dari paparan penyakit sebab antibodi akan melawan infeksi. Jika Anda mengalami masalah infeksi cacing, konsumsi Ivermectin 12 mg yang sesuai dengan resep dokter terpercaya. Pasalnya, anak-anak yang kurang dari satu tahun dan ibu hamil atau menyusui tidak diperbolehkan konsumsi jenis obat ini.

5.     Selalu memakai alas kaki

Anak-anak memang suka bermain di luar rumah tanpa alas kaki karena lebih bebas bergerak dan aktivitas bermain lebih seru. Namun, usahakan untuk memakai alas kaki di tempat terbuka yang masih berupa tanah guna mencegah infeksi cacing. Hal ini juga berlaku pada orang-orang dewasa demi menjaga kesehatan diri dari parasit yang bisa sebabkan masalah kesehatan pencernaan.

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, pastikan Anda menjaga kebersihan si kesayangan. Selalu buang kotoran hewan di toilet menggunakan masker dan sarung tangan untuk menghindari bakteri atau kuman pada kotoran tersebut. Jika terkena penyakit cacingan, Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *