Menikmati Indahnya Pemandangan Bukit Menoreh Naik Jeep Wisata


Bagi yang sukawisatamenantang dan memacu adrenalin, bisa menjajalwisatange jeep di PerbukitanMenoreh, KabupatenMagelang. Wisatawan akan dibawa menaiki jeep melewati punggung perbukitanMenoreh, melihat panorama alam yang indah dari puncak. Tak lupa kuliner cokelat produksi lokal.

Perjalanan dimulai dengan rute pertama ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari Candi Borobudur atau sekitar 20 menit naik jeep. Di sana,wisatawan bisa mencicipienaknya minuman cokelat produksi lokal dari DesaBigaran.

Rasanya tak kalah dengan cokelat cokelat merek terkenal. CokelatBigaranterasa lebih asli dan alami. Meminumnya di balkondes yang di terletak di kawasan perbukitan menjadi sensasi tersendiri.

Selain minuman coklat, ada juga produk lain dari BalkondesBigaran. Mulai dari camilan cokelat, selai cokelat, dan lainnya. Ada juga kopiBigaran, keripik dari talas, gethuk, dan makanan tradisional lain.

Di sana,wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan cokelat dari biji cokelat secara langsung. Setelah puas menikmati cokelat di Balkondes Bigaran, Jeep meluncur ke Puncak Suroloyo yang terletak di perbatasan Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang dan Kulon Progo, DIY. Rute menuju ke sana adalah panorama PerbukitanMenorehyang indah.

Sesampainya di sana,wisatawan bisa naik ke puncak Suroloyo. Ketinggian puncak Suroloyo ini mencapai 1.019 meter di atas permukaan laut. Naik ke 290 buah anak tangga, 15 menit, dan sampailah di atas puncak.

Di atas, terdapat gardu pandang untuk melihat panorama alam seluas 360 derajat. Dari puncak, tampak Candi Borobudur dari kejauhan, pemandangan luas dari KabupatenMagelangdan Kulon Progo. Kalau tak ingin ke puncak, pemandangan di bawah pun juga sudah cukup bagus.

Sambil menikmati Kopi Suroloyo yang khas, sembari melihat alam yang masih asri di sana. Udara di Suroloyo juga masih sangat sejuk. Bertolak dari Suroloyo, Jeep meluncur menuju Kebun Teh Nglinggo.

Kebun TehNglinggo sendiriterletak di Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Tak seperti kebun teh lainnya, Kebun Teh Nglinggo berada di atas puncak bukit, sehingga tampaklah kebun teh yang berundak di atas pemandangan dari atas bukit yang apik. Selain berfoto ria di spot foto yang ada di sana,wisatawan juga dapat mencicipi teh khas Nglinggo yang terkenal yakni Teh Sangit Nglinggo.

Menikmati minuman teh dari racikan asli masyarakat setempat, di tengah kebun teh di atas bukit, sembari melihat pemandangan dari ketinggian puncak memang tiada duanya. Wisata di wilayah selatan KabupatenMagelangini memang akan dikembangkan. Sama halnya di wilayah utara dan barat yang juga sangat potensial.

Karena berada di perbatasan antara dua provinsi yakni Jateng dan DIY, maka perlu kerja sama pariwisata antara pemerintah daerah. Potensi pariwisata di wilayah selatan Kabupaten Magelang adalah Perbukitan Menoreh. Bukit ini melintasi tiga daerah Kulon Progo, Magelang dan Purworejo. "Perlu adanya kerja sama pariwisata di daerah perbatasan. Ini tidak lain untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Di wilayah KabupatenMagelangsendiri ada beberapa obyekwisatadi daerah perbatasan.

Di antaranya untuk wilayah utara adalah Gunung Telomoyo yang berbatasan antara KabupatenMagelangdengan Kabupaten Semarang,” kata Kepala Bappeda KabupatenMagelang, Sugiyono, Selasa (3/11/2020), dalam kegiatan Penguatan Perencanaan Pengembangan Pariwisata KabupatenMagelang, di kawasan perbukitanMenoreh. Kegiatan Penguatan Perencanaan Pengembangan Pariwisata KabupatenMagelangini sendiri untuk mencari data terkait dengan pengembangan destinasiwisatadi KabupatenMagelang. Peserta dari berbagai OPD di PemkabMagelang, pegiat pariwisata, travel agent, media dan unsur dari pariwisata diMagelangmelakukan survei dan meninjau kelayakan dari objekwisatasehingga dapat dikembangkan lebih baik lagi ke depan.

“Setelah menyusuri KabupatenMagelangbagian Utara dan Timur, kemudianMagelangbagian Barat dan yang terakhir dalam rangkaian kegiatan ini adalahMagelangbagian selatan. Kami berharap ini dapat menjadi rujukan pengembangan pariwisata, menambah jumlah dan lama tinggalwisatawan yang akan mendongkrak pariwisata di KabupatenMagelang,” papar Sugiyono. ( )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post